Jumat, 07 Mei 2010

HARGA KACA FILM

Kaca Film Terang Bisnisnya, Gelap Kacanya

Harga kaca film yang ditawarkan sangat bervariasi. Kaca film merek Hitam AG ditawarkan Rp 350.000 per mobil, Sollar Guard Rp 700.000-Rp 900.000, dan merek Sun Guard Rp 750.000 per mobil. Adapun kaca film merek V-Kool ditawarkan sekitar Rp 3,9 juta. Harga itu juga ditentukan jenis mobilnya, sedan atau minibus (tanggal 8 Januari 2004 http://www.kompas.co.id/gayahidup/news/0401/08/175002.htm).

Maraknya bisnis industri otomotif, berdampak pada makin meningkatnya penjualan industri pendukungnya. Salah satunya adalah kaca film mobil. Banyak distributor kaca film mobil, baik merek dalam negeri maupun luar negeri, membanjiri pasar Indonesia. Antara lain merek V-Kool, Solargard, Armorcoat, Inovata, Secure Stik, 3M Auto Film, dan Llumar Window Film.

Kaca film mobil merupakan salah satu aksesories penting yang dipergunakan pada kendaraan bermotor khususnya mobil. Keberadaannya, cukup penting sebagai alat pelindung dan pengaman bagi pengendara dan penumpangnya dari risiko kecelakaan yang lebih parah. Dengan menggunakan kaca film, maka kaca mobil yang pecah atau rusak akibat benturan dengan benda tajam maupun tumpul, pecahannya tidak akan pecah sebagaimana kaca pada umumnya. Pecahan kaca mobil dengan memakai kaca film, hanya berupa retakan kecil dan butiran-butiran yang tidak terlalu membahayakan penumpangnya.

Beragam keunggulan dan kelebihan kaca mobil yang kini banyak ditawarkan adalah kemampuannya dalam menolak sinar ultra-violet dan sinar infra-red (infra merah), sehingga kondisi udara di dalam kendaraan tetap sejuk. Selain itu, juga tidak menyilaukan pandangan. Manager Promotion and Advertising PT V-Kool Indo Lestari, Monita Cherline mengatakan, kaca film pada dasarnya memiliki fungsi untuk melindungi dan menolak masuknya sinar matahari ke dalam kabin mobil. ''Kaca film mampu menjadikan suasana di dalam mobil menjadi lebih sejuk dan tidak panas,'' jelas Monita saat dihubungi Republika baru-baru ini di Jakarta.

Hampir semua kaca film mobil memiliki teknologi kerja yang berbeda-beda antara satu dan lainnya. V-Kool, kata dia, bekerja secara revolusioner dengan performa yang canggih. Teknologi V-Kool merupakan suatu proses yang kompleks dari penyatuan lembaran-lembaran metal penolak panas (multi-layered) pada selembar film polyster. Proses semacam ini dikenal dengan istilah sputtering. Kata Monita, proses sputtering bukan hal baru dalam teknologi kaca film. Tetapi, proses tersebut menjadikan V-Kool memiliki keunggulan dibandingkan lainnya, yakni kaca film tidak gelap, dan mampu memantulkan cahaya. ''Kaca film V-Kool lebih bening.

Transimisi cahaya yang terlihat mencapai 73 persen plus kemampuannya memantulkan panas infra merah hingga 94 persen dan penolakan cahaya ultra violet hingga 99 persen,'' papar mantan Chief Accounting PT Tunas BMW Indonesia, Selain memasarkan dan mendistribusikan kaca film merek V-Kool, kata Monita, PT V-Kool Indo Lestari juga mendistribusikan dua mereka kaca film lain, yakni Solargard dan Armorcoat.

Dody Kusuma, direktur PT Sentra Proteksindo Makmur (SPM), distributor kaca film merek Secure Stik mengatakan, kaca merupakan penghubung yang paling lemah dalam sebuah ruangan atau antara kita dan apapun yang akan menjadi intruders. Yakni, sesuatu yang masuk dari luar ke dalam. Karena kelemahannya itulah, maka diperlukan sebuah alat alternatif untuk menahan pecahan kaca agar tidak melukai orang-orang yang ada di sekitarnya. ''Secure Stik hadir untuk itu, dan membantu menangkal sinar matahari (ultra violet) hingga 98 persen,'' jelas Dody.

Secure Stik, kata dia, dipersembahkan untuk menyelamatkan jiwa dan properti melalui tiga langkah penguatan kaca dan sistem lapis baja (tahan peluru). ''Secure Stik akan memperkuat dan memasukkan polyesterMylar film dengan acrylic yang memiliki daya penetrasi kuat ke dalam kaca. Alat ini akan berfungsi mengubah struktur molekul kaca. Karena penetrasi dan daya ikatnya, membuat kaca lebih kuat hingga 400 persen dari sebelumnya,'' paparnya.

Keunggulan kaca film merek Secure Stik, kata Dody, adalah kemampuannya untuk mengurangi panas matahari (solar head reduction), melindungi dari sinar ultra violet (UV protection), memperbaiki penampilan (improved appearance), meredam kilau cahaya (glare control), melindungi dari pecahan dan penyebaran serpihan kaca (safety & security). ''Teknologi Secure Stik adalah dapat membentuk ikatan untuk membuat kekuatan yang tahan terhadap ledakan bom, tahan api, tahan terhadap angin topan, mampu menangkal sinar matahari (ultra violet) hingga 98 persen,'' tandas Dody.

Kresna, general manager PT Perisai Sakti Indonesia, distributor kaca film merek Llumar mengatakan, pihaknya memiliki beberapa jenis kaca film untuk kebutuhan yang berbeda, seperti kaca film untuk mobil (automotive film), gedung (building film), gedung dan mobil (security and safety film) serta kaca film untuk dalam ruangan (interior). ''Jenisnya berbeda-beda dengan kualitas produk yang tinggi serta mampu menolak panas dan ultra violet (reject UV) hingga 99,9 persen,'' jelas Kresna. Ia menyebutkan, kaca film merek Llumar merupakan produksi dari CV Film, Martinsville Virginia AS, salah satu group Solutia. Produk ini telah menyebar hingga ke 126 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Kresna menambahkan, keunggulan kaca film Llumar adalah kemampuannya menolak hawa panas yang berbeda-beda untuk masing-masing jenis kaca film. ''Kaca film mobil mampu menolak panas hingga 87 persen, kaca film pada gedung dapat menolak panas hingga 53 sampai 81 persen. Sedangkan untuk interior mampu menolak panas antara 13 hingga 30 persen,'' jelasnya. Produk-produk Llumar, lanjut Kresna, telah mendapatkan rekomendasi dari Skin Cancer Foundation di AS, serta lulus pengujian oleh Dban, Horicine dan Celotex. Selain produk-produk di atas, produk Llumar lainnya adalah Pin Protection Film. Kaca film jenis ini dapat dipergunakan pada mobil, komputer dan handphone.

Mengenai peluang dan persaingan bisnis kaca film, beberapa distributor kaca film yang berhasil dihubungi Republika, mengungkapkan, sangat bagus. Hal ini didasarkan pada perkembangan bisnis otomotif. Setiap tahun jumlah kendaraan makin bertambah banyak. Ini menjadi peluang bagi distributor, agen maupun pengecer kaca film di sejumlah pusat penjualan kaca film seperti di Kemayoran Jakarta. Kaca film merek Secure Stik misalnya, baru lima bulan sejak mereka beroperasi di Indonesia, menargetkan omset setiap bulannya hingga Rp 1,5 miliar. ''Idealnya sih begitu, mudah-mudahan tercapai,'' jelas Dody. Sementara itu, pihak V-Kool ketika disinggung mengenai angka penjualannya per bulan, keberatan untuk menyebutkan angkanya.



Dari Tolak Panas hingga Tahan Peluru

Begitu besarnya peluang dan pangsa pasar kaca film mobil, hingga sejumlah produsen dan distributor kaca film di Indonesia melakukan upaya-upaya untuk terus mengembangkan produk-produknya. Tidak hanya sekedar menahan atau menolak panas (ultra violet) saja, melainkan jauh lebih dari itu, yakni tahan peluru dan bom.

Secure Stik misalnya, mengatakan pihaknya merupakan pelopor dalam industri dengan penelitian yang berhubungan dengan balistik dan penguatan kaca yang tahan peluru. Hal itu tak lepas dari meningkatnya kejahatan di dunia, kekerasan, teroris dan ketidakpastian politik. Direktur PT Sentra Proteksindo Makmur, Dody Kusuma mengatakan, di Amerika Serikat, kini banyak bangunan yang menggunakan kaca berpelindung kaca film seperti Secure Stik. Mengutip laporan CNN pada 6 Oktober 2001, Dody mengatakan, setiap jendela pada gedung Capitol di AS dan gedung-gedung perkantoran lain di sekitarnya menggunakan pelindung anti ledakan (Secure Stik), menyusul serangan teroris 11 September 2001 silam.

Dody mengatakan, produk-produk seperti Secure Stik itu telah di ujicobakan dengan menggunakan senapan dan senjata dengan kaliber tertentu. Dalam uji coba tersebut, kata dia, kaca yang dilapisi kaca film merek Secure Stik, mampu menahan peluru dan tidak pecah berantakan. ''Kaca hanya mengalami retak. Ini berarti, alat ini berfungsi mampu menahan peluru dan menjadikan kaca lebih kuat. Pecahan yang ditimbulkan tidak tercerai berai sebagaimana umumnya,'' jelas Dody.

Secure Stik telah sesuai standar dari Inggris dan Amerika. Model BS 6206 Class A 7 B, misalnya, memenuhi standar keselamatan pelapisan Arsitektural. Apabila digunakan dapat meningkatkan kekuatan pada kaca di bandingkan kaca yang diperkeras atau kaca laminating. Demikian juga dengan model BS 476 Class 1 atau 0. Model ini memenuhi standar dari percikan dan standar pembakaran. Secure Stik juga telah memenuhi standar Amerika Serikat. Model ANSI-Z97 meningkatkan kaca biasa menjadi lebih kuat dari kaca yang diperkeras atau kaca laminating. ANSI-Z97-1.75 merupakan kaca tahan pecah. ANSI-Z97.1-84a lolos uji tembakan bag impact (benturan impact) dan uji cuaca.

ASTM E-84A, kelas rating A oleh NFPA untuk tes mudah terbakar. Toxicologi, OSHA dan peraturan yang harus di penuhi. Secure Stik mungkin bisa dipergunakan untuk membantu mengurangi risiko yang lebih besar akibat terjadinya serangan teroris atau pun ancaman bom. Kaca film lainnya yang juga menawarkan keunggulan berupa tahan peluru adalah merek Inovata. Kaca film buatan Amerika Serikat ini tidak hanya mengandalkan kenyamanan para penggunanya, tetapi juga mampu memberikan rasa aman.

Sebab, fungsinya melindungi dari benturan pada kaca akibat batu kerikil atau benda-benda lainnya dan mencegah luka serius pada kecelakaan. Juga, mencegah perampokan dan pencurian di kendaraan, rumah atau kantor, serangan teroris dan bom api (molotov), badai atau angin kencang. Berdasarkan data laboratorium di AS, kaca film ini telah diakui sesuai dengan standar Osha Toxicology and Regulatory Compliance, The Department of Energy (DOE), American Society for Testing Materials (ASTM), American Society Standards Institute (ANSI), dan American Society of Metallurgists, Chemists, and Laminators (Aimcal).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh General Manager PT Perisai Sakti Indonesia, Kresna. Menurut dia, kaca film merek Llumar melalui produknya berupa security and safety film, mampu menahan proyektil peluru sehingga tidak menyebabkan kaca pecah berantakan. Produk-produk Llumar telah mendapatkan sejumlah rekomendasi, antara lain dari Departemen of Security (DOS) Amerika Serikat. Tiap-tiap tempat, baik bangunan gedung ataupun mobil, kata dia, memiliki karakter yang berbeda-beda. Sehingga, kekuatan dan fungsinya pun akan berbeda. Harus diakui, hampir semua kaca yang ditawarkan diklaim sebagai kaca film dengan pengaman dan sekaligus penahan sinar matahari terbaik saat ini.

3M� Window Film Products
Hal pertama yang kami lakukan untuk menikmati cahaya ialah dengan menghilangkan secara virtual seluruh sinar ultra violet yang bersifat merusak; sinar yang sangat berperan untuk menimbulkan kerusakan serta membuat benda menjadi luntur akibat terkena sinar matahari. Produk ini, khususnya Scotchshield� Ultra Safety dan Security Window Films, membantu melindungi Anda dan keluarga terhindar dari terik cahaya matahari dan perbuatan kriminalitas. Kaca film ini bahkan membuat Anda mampu mengontrol kadar panas dan silau yang muncul melalui jendela. Selain itu, 3M kaca film ini tidak memerlukan perawatan khusus dan anti gores. Tersedia dalam berbagai pilihan jenis dan warna sesuai dengan keperluan Anda ( http://www.3m.com/intl/id/window_film/product_window_film.htm )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar