Kamis, 06 Mei 2010

KACA FILM MENGHALANGI SIGNAL GPS

[Rubrik Singkat-Padat] Bila anda terbiasa menggunakan GPS sebagai pemandu jalan mungkin anda sadar bahwa Kaca Film (Window Tint) dapat menghalangi signal GPS sehingga signal GPS menjadi lemah dan kurang efektif. Hal ini ditemukan terutama bila anda menggunakan Kaca Film dengan bahan metal. Ciri utama Kaca Film berbahan metal adalah karakternya yang reflektif (reflective window tint). Kaca Film mahal belum tentu berarti dia aman untuk Signal GPS anda.

Meskipun tidak semua, Kaca Film yang dapat menolak panas dengan baik kemungkinan besar juga memblokir gelombang radio (signal AM/FM, GSM, CDMA, dan GPS). Akibatnya status GPS anda susah Locked, dalam artian satelit pemandu tidak dapat mengakuisisi secara akurat posisi anda.

Cara paling baik untuk mengatasi ini adalah menggunakan antena outdoor. Antena outdoor GPS ini tidak terpengaruh oleh Kaca Film anda karena posisinya yang diluar shielding Kaca Film tersebut.

GPSBila antena outdoor sulit anda dapatkan, cara paling daruratnya adalah dengan membuka jendela anda dan menaruh GPS anda dekat dengan area terbuka tersebut. Setidaknya anda juga dapat mengeluarkan GPS anda dari Jendela hingga status berubah menjadi Locked. Setelah itu baru anda masukan kembali. Cara ini dapat membantu meskipun akurasi positioning GPS anda berkurang drastis.

Jadi, bila anda adalah tipe pengemudi yang sangat tergantung dengan GPS, sebaiknya jeli memilih Kaca Film. Hindari Kaca Film murah ataupun mahal (relatif) yang menggunakan teknologi metal dalam pelapisannya.

Beberapa daftar merk Kaca film populer di Indonesia (tanpa ada kaitannya dengan menggangu signal GPS atau tidak):

1. V-Kool
2. Evolutions
3. 3M
4. Perfections
5. Solargard
6. Indium
7. Spectrum
8. Johnsons
9. Huper Optik
10. Progressive
11. Llumar,
12. ACE Securities,
13. dll.

Written by :
SO Team
SO Team

Artikel Terkait

* 7 Produk GPS Terkini
* Audio News: AVT Kembangkan Multimedia PC Mobil
* News : Hati-hati, GPS Pembawa Maut
* Produk: iTrack - GPS Tracking Tanpa Abonemen

Related news items:

* 03/05/2010 15:00 - V-Kool Tattoo - Lebih Tahan Panas dari Merk Lain
* 17/04/2010 11:27 - Tips : Memilih Kaca Film Mobil
* 11/01/2010 16:52 - Produk: iTrack - GPS Tracking Tanpa Abonemen
* 04/01/2010 11:51 - News : Hati-hati, GPS Pembawa Maut
* 24/12/2009 14:04 - Audio News: AVT Kembangkan Multimedia PC Mobil

Newer news items:

* 26/04/2010 10:50 - Perbedaan Mesin VTEC dan i-DSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar